Contoh Soal Latihan Kurikulum 2013 Bahasa Indonesia Kelas 7

Teks Berita 1
Lima penumpang tewas dan 210 luka-luka dalam kecelakaan Kereta Api Ekonomi Bengawan jurusan Solo-Tanah Abang. Peristiwa naas itu terjadi Selasa (4/3) pukul 00.06. Akibatnya, pekerjaan kereta lintas selatan terganggu.
Teks Berita 2
Terjadi kecelakaan Kereta Api Ekonomi Bengawan jurusan Solo-Tanah Abang di dusun Gunung lurah, Rancamaya, Banyumas. Peristiwa itu menelan korban 5 penumpang tewas dan lebih 100 orang luka-luka. Peristiwa naas itu terjadi Selasa (4/3) dini hari.

1.    Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah ….
a.    Berapa – bagaimana  Apa – kapan – berapa
b.    Berapa – apa – bagaimana Apa – dimana – kapan
c.  Apa – berapa – kapan   Bagaimana – kapan – berapa
d.  Berapa – kapan – bagaimana  Apa – berapa – kapan

2.    Hingga saat ini sedikitnya 375 jiwa penduduk Kampung Cukangsari, Desa Cibunut Kecamatan Argapura, kabupaten Majalengka, masih terjebak dan terisolasi di kampungnya yang kecil dan terletak di sebuah lembah di lereng Gunung Ceremai. Seluruh akses masuk ke kampung tersebut tertutup oleh guguran bukit akibat longsor susul-menyusul yang terjadi sejak 4 Maret lalu. Pemandangan di pusat desa sendiri hingga sekarang masih menimbulkan rasa miris dan prihatin.

Simpulan bacaan di atas adalah ….
a.    Guguran tanah menyulitkan warga dan akhirnya terisolasi
b.    Terjebaknya warga Cukangsari karena longsor menimbulkan rasa prihatin
c.    Warga Cukangsari yang terjebak memerlukan bantuan segera
d.    Longsor yang terjadi dipastikan karena turunnya hujan yang sangat deras

3.    Ada yang berpendapat bahwa mengoleksi benda-benda kuno tak ubahnya mengumpulkan sejarah masa lalu. Dengan mengoleksi benda kuno, seseorang akan mengetahui latar belakang benda itu sendiri. Usaha mengetahui latar belakang benda itu dapat dilakukan dengan mencari literatur pendukung yang tepat. Selain itu, seorang penggemar benda kuno juga harus berusaha menggali nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya.

Gagasan pokok yang terdapat dalam paragraf di atas adalah ….
a.    Mengoleksi benda kuno seperti mengumpulkan sejarah
b.    Kolektor benda kuno harus membaca literatur yang tepat
c.    Benda-benda kuno memiliki nilai-nilai tertentu
d.    Benda bersejarah harus diketahui latar belakangnya

4.    Ringkasan berikut sesuai dengan isi paragraf di atas, yaitu ….
a.    Sejarah suatu bangsa dapat diketahui dari benda kuno yang diberikan
b.    Koleksi benda kuno merupakan hobi yang membutuhkan biaya besar
c.    Dengan mengoleksi benda kuno, kita dapat mengetahui kehidupan masa lalu suatu bangsa
d.    Nilai luhur benda kuno sama dengan sejarah penemuan benda tersebut.

5.    Bacalah teks berita berikut!
Teks Berita I
Lima penumpang tewas dalam kecelakaan kereta api ekonomi Bengawan jurusan Solo – Tanah Abang. Peristiwa itu terjadi Selasa (16/1) pukul 00.06. akibat peristiwa itu, perjalanan kereta api terganggu.

Teks Berita II
Selasa (16/1) dini hari terjadi kecelakaan kereta api di Dusun Gunung lurah, Rancamaya, Banyumas. Kereta api Solo – Tanah Abang terguling di Jembatan rel Sungai Pager. Lima orang penumpang tewas dan 100 orang luka-luka.

Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah ….

6.    Bacalah dua kutipan berita berikut!
Teks I
Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengimbau kepada pengunjung, yang hendak berkunjung ke Puncak menjelang tahun baru agar berada di tempat tujuan sebelum pukul 13.00 WIB. Hal itu berkaitan dengan rencana penutupan jalur menuju Puncak sejak pukul 13.00 WIB. Imbauan itu, sebelumnya sudah disosialisasikan ke sejumlah hotel, penginapan, dan warga setempat.

Teks II
Guna menghindari kemacetan di jalur wisata Puncak, polisi sudah menyediakan jalur alternatif. Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengharapkan para pelancong dengan tujuan Puncak agar mengusahakan tiba di tujuan sebelum pukul 13.00 WIB. Ini berkaitan dengan rencana pemberlakuan arus lalu lintas satu jalur.

Kesamaan informasi kedua teks berita tersebut adalah ….
a.    Imbauan Kasat Lalu Lintas agar wisatawan datang ke Puncak
b.    Imbauan Kasat Lalu Lintas kepada pengendara roda dua dan roda empat
c.    Imbauan Kasat Lalu Lintas tentang rencana penutupan jalur Puncak sore hari
d.    Imbauan Kasat Lalu Lintas agar pengunjung Puncak tiba sebelum pukul 13.00

7.    Cemara berderai sampai jauh
Terasa hari akan jadi malam
Ada beberapa dahan ditingkap merapuh
Ombak pulang memecah berderet
Dipikul angin yang terpendam

Isi penggalan puisi di atas adalah ….
a.    Tak ada halilintar yang menimpa pohon cemara
b.    Suara hujan hanya sekali menimpa dahan yang sudah rapuh
c.    Tak ada kekuatan angin yang menimpa dahan yang sudah rapuh
d.    Ada angin yang memukul beberapa dahan yang sudah rapuh, diiringi bunyi cemara yang sayup-sayup

8.    Aku benci kekerasan
Aku benci pertengkaran
Aku tidak suka permusuhan
Aku tidak suka perselisihan
Aku rindu kasih sayang
Aku rindu saling menolong
Aku ingin kedamaian
Aku mendambakan tindakan santun

Pesan moral yang diungkapkan penulis pada puisi di atas adalah ….
a.    Ingin kedamaian
b.    Ingin kasih sayang
c.   Ingin kesenangan
d.   Ingin ketentraman

9.    Ada sebuah kaset, berisi irama keras
Menyayat-sayat hati dan jantung

Puisi di atas mengandung citraan ….
a.    Pendengaran dan perasaan
b.    Penciuman dan penglihatan
c.    Pendengaran dan penglihatan
d.    Gerak dan penglihatan

10.    Kasih ibu
Kasih ibu kepada beta
Tak terhingga sepanjang masa
Hanya memberi tak harap kembali
Bagai sang surya
Menyinari dunia

Isi puisi tersebut mengungkapkan….
a.    Seorang anak sedang menyanyi
b.    Seorang anak yang sedang menghibur
c.    Kecintaan anak yang sedang menghibur ibunya
d.    Kecintaan seorang ibu terhadap anaknya

11.    Apabila kita tidak bias menjawab pertanyaan peserta diskusi, sebaiknya ….
a.    Kita katakana bahwa pertanyaan tersebut tidak sesuai dengan masalah
b.    Kita berterus terang bila belum bias menjawab pertanyaan tersebut
c.    Kita jawab secara tegas walaupun jawaban kita tidak sesuai pertanyaan
d.    Kita berterus terang bahwa pertanyaan tersebut akan dijawab setelah diskusi

12.    Diskusi merupakan sekelompok orang bertukar pikiran. Dalam diskusi setiap peserta ….
Isian yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ….
a.    Boleh memutus pembicaraan atau usul orang lain
b.    Boleh mendukung atau menolak pendapat peserta lain
c.    Hanya boleh mendukung peserta lain yang berpendapat
d.    Tidak boleh menyanggah atau menolak usul dalam adu pendapat

13.    Menyanggah pendapat dalam diskusi boleh saja dilakukan secara ….
a.    Kita tidak menyukai orang yang berpendapat tersebut
b.    Untuk membalas orang yang berpendapat tadi menolak usulku
c.    Sebagai pelajaran kalau pendapat orang itu kurang baik
d.    Kita mempunyai pendapat lain yang disertai alas an kuat

14.    Tetapi, apa yang terjadi? Si Kintan tidak mengakui orang tuanya. Ia bahkan mengusir mereka. Karena tidak percaya akan perubahan sikap anaknya, ayah Si Kintan meninggal secara mendadak. Ibunya jadi panik. Ia hanya dapat berharap semoga anaknya cepat sadar. Namun, ibunya pun dibentak-bentak dan diusir dari kapalnya.
Tema yang tepat untuk penggalan cerita di atas adalah ….
a.    Anak yang durhaka
b.    Anak yang patuh
c.   Ibu yang mengusir anaknya
d.   Anak yang rajin belajar

15.    Tepat pada pukul 10 keesokan pagi, Tuan Furguson memasuki ruangan kami berdua. Aku ingat dia adalah seorang pria tegap dan tinggi. Tubuhnya dapat bergerak dengan leluasa dan dapat berbelok dengan cepat saat bermain rugbi. Tentu saja tidak ada hal yang lebih menyakitkan daripada bertemu orang yang dulunya adalah seorang atlet yang terbaik di masanya dalam kondisi yang memprihatinkan. Tubuhnya membungkuk dan rambutnya yang berwarna kuning muda tampak hanya sedikit. Bahunya tampak terlihat turun. Aku takut aku telah membangkitkan emosi yang berhubungan dengan kondisinya.

Yang menunjukkan bahwa novel itu kutipan dari novel terjemahan adalah sebagai berikut, kecuali ….
a.    Olahraga rugbi
b.    Warna rambut
c.   Nama tokoh
d.   Badan tokoh yang besar

16.    Sinar bulan menyebabkan pepohonan, semak, dan reruntuhan puri tampak menyeramkan. George berjalan memasuki gerbang besar yang terbuat dari batu, melintasi pekarangan dalam yang beralaskan batu-batu datar lalu masuk ke sebuah bangunan.
Latar waktu dalam penggalan cerita tersebut adalah ….

a.    Siang hari
b.    Malam hari
c.    Pagi hari
d.    Sore hari

17.    Bila seseorang bertanya pekerjaan apa yang saya lakukan, maka saya tak mampu menjawabnya. Wajah saya langsung menjadi merah padm dan tergagap-gagap. Saya cemburu terhadap orang yang bias mengatakan “saya tukang sol sepatu.”
Watak tokoh saya dalam penggalan cerita tersebut adalah ….

a.    Pemalu
b.    Penakut
c.    Pendiam
d.    Pembohong

18.    (1) Betapa gembiranya Gita. (2) Saat pulang sekolah, ia mendapat tawaran dari pamannya, Abdulmanan untuk bersekolah di Jakarta. (3) Bagaimanapun hidup di Jakarta harus berjuang. (4) Jakarta adalah sebuah kota besar, yang selama ini ia mimpikan, yakni bias melihat dan tinggal di Jakarta.

Bukti bahwa latar waktu kutipan cerita tersebut pada siang hari ditunjukkan oleh kalimat bernomor ….

a.    (1)
b.    (2)
c.    (3)
d.    (4)

Teks untuk soal no.19 dan 20.
Mendadak aku putuskan untuk mengubah rute perjalanku yang semula dari Sydney ke Jakarta menjadi ke Denpasar. Rasa-rasanya, aku belum siap kembali ke Jakarta karena bayangan Nurul yang terus menguntitku. Kenangan-kenangan manis di sepanjang Sungai Yarra di Southbank, Melbourne, dan Golden Sunset di Sydney Harbour Bridge tidak mudah begitu saja dilupakan.

19.    Alur yang digunakan dalam kutipan cerpen di atas adalah ….

a.    Maju
b.    Mundur
c.    Campuran
d.    Naratif

20.    Jenis konflik pada kutipan novel tersebut adalah ….

a.    Fisik
b.    Batin
c.    Lahir
d.    Jasmani

21.    Malam itu aku tiba di Denpasar, Bali, di Bandara Internasional Ngurah Rai. Dari tempat tersebut aku naik taksi menuju daerah Sanur di Jalan Danau Tamblingan untuk mencari hotel tempat menginap. Kupilih daerah Sanur karena aku menginginkan suasana yang tenang dan nyaman berada di pinggir pantai. Jika dibandingkan dengan daerah Kuta, maka Sanur terasa lebih nyaman dan tenang.

Latar yang paling menonjol sesuai dengan cuplikan novel di atas adalah ….

a.    Waktu
b.    Tempat
c.    Suasana
d.    Batin

22.    Gulungan ombak yang dating dari tengah lautan, setelah sampai di tepi pantai bergulung kembali ke tengah lautan. Takjubnya aku tidak dapat dielakkan karena permainan ombak itu merupakan suatu permainan masa. Bukankah begitu perjalanan zaman tersebut?

Amanat kutipan novel tersebut adalah ….
a.    Gulungan ombak dating dari tengah lautan silih berganti
b.    Kehidupan itu akan berubah-ubah sesuai zamannya
c.    Ombak bergulung-gulung ke tengah lautan tak terletakkan
d.    Takjubnya aku tidak dapat delakkan oleh gulungan ombak

23.    Maman melambaikan tanggannya dan ketika itu terjadi sesuatu yang ajaib dan tidak disangka-sangka. Orang yang hitam kulitnya ini berbeda dari yang lain-lain membalas lambaian Maman sambil berseru, “Buyung saya pulang, pulang ke kampung halamanku!”

Watak Maman pada penggalan prosa di atas adalah ….

a.    Jujur
b.    Penurut
c.    Ramah
d.    Sopan

24.    Aku menunduk, kembali menekuni kertas ulangan, padahal sungguh mati konsentrasiku sudah mulai retak-retak! Bagaimana bisa konsen kalau wajah amit-amit di luar sana masih menclok di jendela persis burung gelatiknya AT Mahmud.
Diam-diam kulirik monster sialan itu, berharap wajah jerawatannya sudah menguap ditelan matahari siang.

Sudut padang pengarang dalam penggalan novel tersebut adalah ….

a.    Pertama pelaku sampingan
b.    Kedua pelaku utama
c.    Ketiga di luar cerita
d.    Pertama pelaku utama

25.    Seorang penyair menggunakan citraan (imaji) bertujuan untuk menimbulkan suasana yang khusyuk dan membuat perasaanatau pikiran pencipta puisi yang diekspresikan dalam puisi dapat lebih hidup.

Penggalan puisi berikut yang merupakan citraan pendengaran adalah ….
a.    Setiap kata bertemu, gadis kecil berkaleng kecil,
senyummu terlalu kekal untuk kenal duka.
Tengadah padaku, pada bulan merah jambu.
Tapi kataku jadi hilang, tanpa jiwa.
(Toto Sudarto Bacthtiar)
(W.S. Rendra)
d.    Putri manis!
Di daerah asing
udara berbau tembaga, dan di awan putih
berkuasa ular naga
bermata bengis
(Subagio Sastrowadoyo)

26.    Softnews adalah istilah yang biasa digunakan untuk menyebut ….
27.    Orang yang memandu diskusi disebut ….
28.    Puisi yang memiliki 14 baris disebut ….
29.    … sesuap nasi, orang tuanya rela bekerja sebagai pekerja kasar.
30.    Sebagai pembaca atau pendengar berita, kita dapat memanfaatkan  unsur … untuk memahami pokok-pokok berita.
31.    Novel yang ditulis oleh orang asing dan bahasa pengantarnya adalah bahasa asing, maka disebut pula dengan novel ….
32.    “ Joko, tolong … bantu adikmu membawa barang-barang itu,” perintah ibu.
Bagian yang rumpang pada kalimat di atas paling tepat diisi kata ….
33.    Kalimat yang meletakkan sebagian unsur kalimatnya tidak sejajar, disebut kalimat ….
34.    … adalah ungkapan jiwa. Lengkapilah kalimat rumpang tersebut dengan kata yang tepat.
35.    Orang yang memandu jalannya diskusi disebut ….
36.    Jelaskan maksud dari alur novel berikut:
a.    Progresif
b.    Regresif
c.    Naratif
d.    Kronologis
37.    Tuliskan tiga jenis berita berdasarkan isinya, sertakan pula pengertiannya!
38.    Tuliskan tujuh unsur intrinsik pembangun novel!
39.    Apa yang dimaksud dengan diskusi?
40.    Tulislah delapan bentuk puisi secara urut!