Belajar Menyenangkan Dengan Kurikulum 2013

Belajar menyenangkan dengan kurikulum 2013

Belajar Menyenangkan Dengan Kurikulum 2013
Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang dikembangkan oleh dinas Pendidikan Nasional dan disosialisasikan secara bertahap dari tahun 2013 dan revisi terakhir sampai tahun 2018 masih ada penyempurnaan pada perangkat pembelajaran khususnya rPP. 
Dalam kurikulum 2013 terdapat 4 kompetensi inti yang harus dicapai dalam proses pembelajaran yaitu:

Kompetensi inti 1 (KI 1)

Kompetensi inti 1 adalah kompetensi sikap spiritual yang harus dimiliki oleh peserta didik yang akan diberikan oleh guru dalam setiap pembelajaran.
Indikator penilaian kompetensi spiritual (KI 1) antara lain:
a. Ketaatan beribadah:
  • perilaku patuh dalam melakspeserta didikan ajaran agama yang dianutnya;
  • mau mengajak teman seagamanya untuk melakukan ibadah bersama
  • mengikuti kegiatan keagamaan yang diselenggarakan sekolah
  • melakspeserta didikan ibadah sesuai ajaran agama misal sholat, puasa
  • merayakan hari besar agama
  • melakspeserta didikan ibadah tepat waktu
b. Berperilaku syukur:
  • perilaku menerima perbedaan karakteristik sebagai anugerah Tuhan,
  • selalu menerima penugasan dengan sikap terbuka,
  • bersyukur atas pemberian orang lain
  • mengakui kebesaran Tuhan dalam menciptakan alam semesta
  • menjaga kelestarian alam, tidak merusak tanaman
  • tidak mengeluh
  • selalu merasa gembira dalam segala hal
  • tidak berkecil hati dengan keadaannya
  • suka memberi atau menolong sesama
  • selalu berterima kasih bila menerima pertolongan
c. Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
  • perilaku yang menunjukkan selalu berdoa sebelum atau sesudah melakukan tugas atau pekerjaan
  • berdoa sebelum makan
  • berdoa ketika pelajaran selesai
  • mengajak teman berdoa saat memulai kegiatan
  • mengingatkan teman untuk selalu berdoa
d. Toleransi dalam beribadah
  • tindakan yang menghargai perbedaan dalam beribadah
  • menghormati teman yang berbeda agama
  • berteman tanpa membedakan agama
  • tidak mengganggu teman yang sedang beribadah
  • menghormati hari besar keagamaan lain
  • tidak menjelekkan ajaran agama lain

Kompetensi inti 2 (KI 2)

Kompetensi inti 2 adalah kompetensi sikap sosial yang harus dimiliki oleh peserta didik yang akan diberikan oleh guru dalam setiap proses pembelajaran.
Indikator dari kompetensi sikap sosial (KI 2) antara lain:
a. Jujur
  • tidak mau berbohong atau tidak mencontek.
  • mengerjakan sendiri tugas yang diberikan guru, tanpa menjiplak tugas orang lain
  • mengerjakan soal ulangan tanpa mencontek
  • mengatakan dengan sesungguhnya apa yang terjadi atau yang dialaminya dalam kehidupan sehari"hari
  • mau mengakui kesalahan atau kekeliruan
  • mengembalikan barang yang dipinjam atau ditemukan
  • mengemukakan pendapat sesuai dengan apa yang diyakininya, walaupun berbeda dengan pendapat teman
  • mengemukakan ketidaknyamanan belajar yang dirasakannya di sekolah
  • membuat laporan kegiatan kelas secara terbuka (transparan)

b. Disiplin
  • mengikuti peraturan yang ada
  • tertib dalam melakspeserta didikan tugas
  • hadir di sekolah tepat waktu
  • masuk kelas tepat waktu
  • memakai pakaian seragam lengkap dan rapi
  • tertib mentaati peraturan sekolah
  • melakspeserta didikan piket kebersihan kelas
  • menunjukkan perhatian terhadap kebersihan kelas dan lingkungan sekolah
  • mengumpulkan tugas$pekerjaan rumah tepat waktu
  • mengerjakan tugas$pekerjaan rumah dengan baik
  • membagi waktu belajar dan bermain dengan baik
  • mengambil dan mengembalikan peralatan belajar pada tempatnya

c. Tanggung jawab
  • menyelesaikan tugas yang diberikan
  • mengakui kesalahan
  • melakspeserta didikan tugas yang menjadi kewajibannya di kelas seperti piket kebersihan
  • tidak pernah terlambat masuk kelas
  • melakspeserta didikan peraturan sekolah dengan baik
  • mengerjakan tugas$pekerjaan rumah sekolah dengan baik
  • mengumpulkan tugas$pekerjaan rumah tepat waktu
  • mengakui kesalahan, tidak melemparkan kesalahan kepada teman
  • menjaga kebersihan kelas dan lingkungan sekolah
  • berpartisipasi dalam kegiatan sosial di sekolah
  • menunjukkan prakarsa untuk mengatasi masalah dalam kelompok di kelas$sekolah
  • membuat laporan setelah selesai melakukan kegiatan

d. Santun

  • menghormati orang lain dan menghormati cara bicara yang tepat
  • menghormati guru, pegawai sekolah, penjaga kebun, dan orang yang lebih tua
  • berbicara atau bertutur kata halus, tidak kasar
  • berpakaian rapi dan pantas
  • dapat mengendalikan emosi dalam menghadapi masalah, tidak marah"marah
  • mengucapkan salam ketika bertemu guru, teman, dan orang"orang di sekolah
  • menunjukkan wajah ramah, bersahabat, dan tidak cemberut
  • mengucapkan terima kasih apabila menerima bantuan dalam bentuk jasa atau barang dari orang lain

Kompetensi inti 3 (KI 3)

Kompetensi inti 3 adalah kompetensi pengetahuan yang harus dimiliki oleh peserta didik sesuai dengan mata pelajaran dan materi yang ada pada silabus pembelajaran yang akan diberikan oleh guru dalam setiap proses pembelajaran.

Kompetensi inti 4 (KI 4)

Kompetensi inti 4 adalah kompetensi keterampilan yang harus dimiliki oleh peserta didik sesuai dengan mata pelajaran dan materi yang ada pada silabus pembelajaran yang akan diberikan oleh guru dalam setiap proses pembelajaran.

Materi Pendampingan Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2018

Berdasarkan hasil pendampingan kurikulum 2013 yang saya lakukan pada bulan Juli 2018 ini dapat diambil garis besar kerangka pembuatan rencana Program pembelajaran atau RPP pada kurikulum 2013 adalah sebagai berikut
  • Pada bagian pendahuluan terdapat tujuan pembelajaran yang akan dicapai oleh peserta didik dan disampaikan oleh guru pada awal pembelajaran. Dengan penyampaian tujuan pembelajaran tentunya peserta didik diharapkan mampu memahami arah pembelajaran sehingga secara aplikatif dalam dunia nyata dapat dipahami.
  • Pada bagian pendahuluan juga kasih sampaikan model atau jenis penilaian yang akan diambil termasuk kompetensi inti 1 dan 2 tentang pendidikan karakter dan spiritual. Misalkan Dalam proses pembelajaran terdapat kelompok diskusi atau kelompok kerja maka guru dapat mengambil penilaian tentang bekerja sama yang disampaikan di awal pembelajaran di samping materi pokok yang dinilai Dari kompetensi pengetahuan dan keterampilan.
  • Pada materi inti terdapat 3 materi yang dicantumkan dalam perencanaan program pembelajaran atau RPP yaitu: Materi pokok, materi pengayaan dan materi remedial. Walaupun terdapat 3 materi dalam perangkat pembelajaran RPP namun materi pengayaan dan materi remedial bersifat tentatif dalam pelaksanaannya.
  • Dalam materi inti juga harus mengandung beberapa unsur utama dalam pembuatan rencana pembelajaran Yaitu mencakup: PPK, Abad 21, HOTS dan literasi
  • PPK adalah penerapan pendidikan karakter pada pembelajaran, sedangkan abad 21 adalah bagaimana Pembelajaran dapat menerapkan penggunaan teknologi berbasis abad 21 yang di sini mungkin lebih dimaksudkan untuk menggunakan peralatan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media pembelajaran. HOTS adalah hight order thinking skill, di mana dalam pembelajaran dapat menerapkan sebuah analisis pada tingkat kesulitan tertentu sehingga mengajak peserta didik dapat berpikir kritis dan maju. Literasi adalah bentuk pembelajaran dengan membaca, mengamati, mendengarkan atau menyimak sehingga siswa atau peserta didik memperoleh informasi dari berbagai sumber baik media pembelajaran maupun informasi lainnya.
  • Pada bagian penutup guru diharapkan dapat memberikan simpulan dan refleksi pembelajaran. Kesimpulan adalah ringkasan atau rangkuman dari materi yang disampaikan pada pertemuan tersebut sedangkan refleksi adalah bagaimana mengaitkan dengan sikap kita dalam kehidupan sehari-hari terkait dengan pelajaran yang telah disampaikan tersebut.
Itulah Mungkin beberapa catatan saya tentang belajar menyenangkan dengan kurikulum 2013 semoga dapat memberikan informasi dan bermanfaat silakan share artikel ini untuk menyimpan.