Contoh Soal Latihan USBN IPS SMP Kelas 9

contohsoalut.com - Contoh Soal Latihan USBN IPS SMP Kelas 9

A. Pilihlah jawaban yang paling benar, kemudian berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c

1. Perhatikan data berikut ini!

1) Angka pengangguran tinggi
2) Tingkat kesehatan tinggi
3) Kualitas SDM terhadap IPTEK rendah
4) Aktivitas penduduk mayoritas dibidang industri
5) Tingkat pendidikan rendah
6) Komoditas ekspor berupa barang elektronik dan mesin

Pernyataan di atas yang merupakan ciri-ciri negara berkembang adalah....

a. 1,2 dan 3
b. 1,3 dan 5
c. 2,4 dan 5
d. 2,4 dan 6

2. Negara A, merupakan negara yang kaya dengan pendapatan perkapitapenduduknya mencapai $63,181, pendapatan domestik bruto mencapai $570 miliar, yang mana 90% dari pendapatan tersebut berasal dari ekspor minyak mentah. Tingkat kelahiran 1,77, tingkat pertumbuhan 1,2% angka melek huruf 90%. Berdasarkan profil tersebut maka kategori yang cocok untuk negara A adalah....

a. Negara maju karena pendapatan perkapitanya sangat tinggi, angka harapan hidup tinggi
b. Negara berkembang karena angka melek hurufnya relatif rendah
c. Negara berkembang karena perekonomian hanya ditopang dari ekspor minyak mentah
d. Negara maju karena usia harapan hidupnya relatif tinggi

3. Perhatikan gambar kontur berikut :

Contoh Soal Latihan USBN IPS SMP

Berdasarkan gambar diatas gambar diatas, garis kontur yang menunjukkan tempat tertinggi di tunjukkan dengan nomor....

a. 1
b. 2
c. 3
d. 4

4. Di perkotaan jalur hijau atau taman sangat sedikit jumlah dan luasnya. Jika dikaitkan dengan pelestarian lingkungan, maka taman atau jalur hijau diperkotaan berfungsi sebagai....

a. Penampung air hujan
b. Tempat rekreasi
c. Tempat perlindingan burung-burung
d. Mengurangi polusi atau pembersih udara

5. Perhatikan gambar penampang yang permukaan dasar laut berikut :
Contoh Soal Latihan USBN IPS SMP2

Yang merupakan palung laut (trench/trough) ditunjukkan dengan nomor....

a. 1
b. 2
c. 3
d. 4

6. Relief permikaan bumi serta berbagai ketampakan alam dengan ketinggian beragam dapat digambarkan secara jelas pada peta khusus menggunakan....

a. Simbol titik
b. Simbol warna
c. Simbol area
d. Simbol kontur

7. Indonesia dilalui oleh dua jalur pegunungan yaitu jalur pegunungan sirkum pasifik dan sirkum mediterania. Tenaga yang menyebabkan terbentuknya pegunungan ini yaitu....

a. Vulkanisme
b. Orogenetis
c. Gempa bumi
d. Orogenetis

8. Garis berwarna biru yang berkelak-kelok pada peta menggambarkan tentang....

a. Jalan raya
b. Sungai
c. Rel kerata api
d. Batas wilayah

9. Wilayah perairan yang mengelilingi Amerika adalah samudera....

a. Hindia dan Pasifik
b. Hindia dan Atlantik
c. Pasifik dan Arktik
d. Pasifik dan Atlantik

10. Negara A memiliki piramida seperti dibawah ini :

Contoh Soal Latihan USBN IPS SMP3

Hasil analisis dari piramida penduduk diatas, Negara A menghadapi situasi....

a. Laju pertumbuhan penduduk yang tinggi, dan beban ketergantungan tinggi
b. Pertumbuhan penduduk rendah, dan beban ketergantungan rendah
c. Laju pertumbuhan penduduk yang tinggi, dan beban ketergantungan rendah
d. Pertumbuhan penduduk rendah, dan beban ketergantungan tinggi

11. Keikutsertaan merasakan apa yang dirasakan orang lain adalah....

a. Simpati atau empati
b. Identifikasi
c. Akomodasi
d. Sugesti

12. Berikut ini yang bukan faktor internal perubahan sosial budaya adalah....

a. Bertambahnya atau berkurangnya jumlah penduduk
b. Penemuan-penemuan baru
c. Pertentangan (confilct)
d. Peperangan

13. Perubahan yang memerlukan waktu yang lama dimana perubahan perubahan kecil saling mengikuti dengan lambat disebut....

a. Revolusi
b. Evolusi
c. Konklusi
d. Rekreasi

14. Perhatikan gambar berikut ini !
Contoh Soal Latihan USBN IPS SMP5

Cita-cita dapat dicapai dengan proses yang sistematis. Gambar di atas merupakan contoh dan tindakan sosial yang bersifat....

a. Rasional
b. Tradisional
c. Irrasional
d. Proporsional

15. Penanaman nilai-nilai persatuan, rasa kesetiakawanan dan cinta perdamaian melalui organisasi kepramukaan merupakan salah satu cara pengendalian sosial yang dilakukan melalui pranata....

a. Agama
b. Pendidikan
c. Keluarga
d. Politik

16. Perhatikan ciri masyarakat berikut :

1) Terbuka terhadap kritik dan saran
2) Pola pikirannya bersifat religius
3) Kontrol sosialnya bersifat formal
4) Mobilitas sosialnya bersifat dinamis
5) Hubungan dan ikatan sosialnya sangat kuat

Ciri-ciri di atas yang termasuk ciri masyarakat modern adalah....

a. 1,2 dan 3
b. 1,3 dan 4
c. 1,2 dan 4
d. 1,2 dan 5

17. Jika seorang anak kecil melihat apa yang dilakukan oleh orang tuanya,kemudin anak tersebut mencoba melakukan apa yang telah ia lihat. Tindakan anak tersebut dinamakan....

a. Identifikasi
b. Imitasi
c. Simpati
d. Sugesti

18. Sebuah proses penyebaran berbagai informasi dan pengalaman kepada semua orang diseluruh dunia, misalnya penyebaran tekhnologi komputer, televisi dan internet adalah kategori globalisasi sebagai proses....

a. Internasionalisasi
b. Modernisasi
c. Universalisasi
d. Liberalisasi

19. Kehidupan pada masa praaksara dapat dikaji melalui fosil dan artefak, benda berikut yang tergolong dalam artefak adalah....

a. Tengkorak homo sapiens
b. Rangka dinosaurus
c. Kitab Sutasoma
d. Kapak lonjong

20. Manusia pada masa praaksara mengenal seni yang ditandai dengan adanya lukisan cap tangan. Kondisi tersebut terjadi pada zaman....

a. Paleolitikum
b. Meseolitikum
c. Megalitikum
d. Neolitikum

21. Zaman batu besar (megalitikum) memiliki ciri khusus yang berbeda dari zaman batu lainnya. Ciri khusus tersebut ditandai dengan adanya....

a. Kepercayaan terhadap roh nenek moyang
b. Kjokkenmoddinger dan abris sous roche
c. Kemampuan bercocok tanam
d. Lukisan cap tangan di gua-gua

22. Pergerakan nasional di Indonesia ditandai dengan munculnya organisasi-organisasi modern yang digunakan sebagai alat dalam mencapai kemerdekaan. Organisasi modern yang menjadi pelopor pergerakan nasional di Indonesia adalah....

a. Budi utomo
b. Partai nasional indonesia
c. Indische partji
d. Perhimpinan Indonesia

23. Kemerdekaan Indonesia yang diproklamirkan oleh Soekarno-Hatta pada tanggal 17 Agustus 1945 memiliki arti penting bagi bangsa Indonesia yaitu....

a. Merupakan akhir perjuangan bangsa Indonesia
b. Puncak perjuangan bangsa Indonesia merebut kemerdekaan
c. Memperkuat kedaulatan bangsa Indonesia
d. Pelopor bagi-bangsa-bangsa di Asia Afrika untuk merebut kemerdekaan

24. Tujuan kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia adalah....

a. Mencari daerah rempah-rempah
b. Membuktikan teori bumi bulat
c. Mencari pasar di wilayah Asia
d. Mencari bahan baku perindustrian

25. Salah satu tujuan dikeluarkannya Dekrit presiden tanggal 5 Juli 1959 adalah....

a. Mempertahankan Badan Konstituante
b. Membentuk kabinet Gotong Royong
c. Kembali ke UUD 1945
d. Tidak dipakainya UUD RIS 1950

26. Perhatikan data tokoh-tokoh berikut !

1) Ahmad Subarjo
2) Sayuti Melik
3) Ir. Soekarno
4) Drs. Moh. Hatta
5) Chaerul Saleh

Data di atas tokoh-tokoh penyusunan naskah proklamasi ditunjukan dengan nomor....

a. 1),2) dan 3)
b. 1),3) dan 4)
c. 2),3) dan 4)
d. 3),4) dan 5)

27. Kabinet pertama pada masa demokrasi liberal adalah...

a. Kabinet Juanda
b. Kabinet Natsir
c. Kabinet Wilopo
d. Kabinet Soekiman

28. Dampak perang dunia II bagi Indonesia adalah....

a. Jepang akan memberikan kemerdekaan bagi Indonesia
b. Indonesia terlibat dalam perang dunia II
c. Kekuasaan Belanda di Indonesia berakhir
d. Indonesia di jajah oleh Jepang

29. Yang bukan merupakan sikap positif masyarakat dalam menghadapi perubahan sosial budaya adalah....

a. Berpikir ilmiah terhadap perubahan
b. Bersikap selektif dalam menerima pengaruh budaya lain
c. Mendorong perubahan kearah yang lebih baik
d. Bersikap acuh tak acuh terhadap perubahan

30. Organisasi negara-negara yang tidak berada didalam naungan PBB adalah....

a. WTO
b. UNDP
c. APEC
d. ILO

31. Dalam perekonomian Indonesia ada beberapa barang yang pengusahaannya dimonopoli oleh pemerintah, seperti listrik dan BBM. Keterlibatan pemerintah sebagai pelaku ekonomi tersebut dilakukan agar pemerintah dapat memproduksi barang yang....

a. Memberikan keuntungan maksimal bagi negara
b. Menguasai hajat hidup orang banyak
c. Membutuhkan biaya besar
d. Memiliki daya saing tinggi

32. Pernyataan yang bukan merupakan contoh penerapan prinsip ekonomi bagi konsumen diantaranya adalah....

a. Mencari informasi adanya promosi yang benar
b. Menyusun skala prioritas kebutuhan
c. Mengetahui jumlah barang serupa beredar
d. Membandingkan harga barang dibeberapa tempat

33. Tempat bertemunya penjual dan pembeli dengan tujuan melakukan kegiatan jual beli disebut....

a. Pasar
b. Bursa
c. Investasi
d. Kegiatan ekonomi

34. Pernyataan berikut ini yang merupakan pengertian dari prinsip ekonomi adalah....

a. Bertindak dengan pengorbanan tertentu untuk memperoleh hasil tertentu
b. Bertindak dengan pengorbanan tertentu untuk memperoleh hasil yang sebesar-besarnya
c. Bertindak dengan pengorbanan sekecil-kecilnya untuk memperoleh hasil yang sebesar besarnya
d. Bertindak dengan pengorbanan sebesar-besarnya untuk memperoleh hasil tertentu

35. Berikut ini daftar cara-cara meningkatkan jumlah hasil produksi :

1) Menerapkan jam kerja ganda (double shif)
2) Memperluas / membuka pabrik keju
3) Menambah jumlah tenaga kerja
4) Meningkatkan pendidikan dan keterampilan
5) Menambah atau membeli mesin baru

Berdasarkan daftar tersebut, yang merupakan cara peningkatan jumlah hasil produksi secara ekstensifikasi ditunjukkan dengan nomor....

a. 1,2 dan 3
b. 1,3 dan 4
c. 1,4 dan 5
d. 2,3 dan 5

36. Dampak negatif dari suatu perdagangan bebas terhadap perekonomian Indonesia adalah....

a. Memenuhi kebutuhan akan barang dan jasa yang belum terpenuhi
b. Membuka lapangan kerja baru sebagai akibat banyaknya industri baru
c. Mematikan usaha-usaha skala kecil karena tidak mampu bersaing
d. Menimbulkan perubahan devisa negara akibat kegiatan ekspor barang

37. Dampak positif globalisasi antara lain....

a. Meningkatkan kemajuan masyarakat
b. Muncul sikap individualistis
c. Budaya konsumerisme meningkat
d. Rasa kekeluargaan pudar

38. Berikut ini yang bukan merupakan tujuan ASEAN adalah....

a. Mempercepat pertumbuhan ekonomi dan kemajuan sosial budaya di kawasan Asia Tenggara
b. Menciptakan keamanan dan perdamaian di kawasan Asia Tenggara
c. Membantu menambah masalah di kawasan Asia Tenggara
d. Meningkatkan ilmu penegtahuan dan teknologi dikawasan Asia Tenggara

39. Langkah yang tepat bagi seorang siswa yang memiliki kebutuhan membayar transport sekolah, jajan , membeli buku, menabung, bermain game, dan membeli pulsa adalah denga cara....

a. Mengurangi kebutuhan
b. Meminta tambahan uamg saku
c. Menyusun skala prioritas
d. Membuat daftar kebutuhan

40. Perhatikan data berikut ini !

1) Sebagai alat pembayaran
2) Sebagai alat tukar menukar yang syah
3) Sebagai alat pemindah kekayaan
4) Sebagai alat satuan hitung
5) Sebagai alat menyimpan
6) Sebagai pencipta lapangan kerja

Berdasarkan data di atas, yang merupakan fungsi uang asli adalah....

a. 1 dan 3
b. 2 dan 4
c. 3 dan 5
d. 5 dan 6

B. Isilah pertanyaan di bawah ini dengan benar!

41. Tuliskan ciri-ciri negara maju dan negara berkembang (minimal 3)!

42. Tuliskan negara – negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara lengkap dengan ibukotanya!

43. Segala bentuk interkasi dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini karena manusia hidup selalu berinteraksi dengan orang lain. Akan tetapi proses interaksi tidak selalu bersifat positif tetapi kadang juga bersifat negatif. Jelaskan bentuk interaksi asosiatif dan disosiatif dan berilah contohnya

44. Jelaskan tujuan badan kerjasama Ekonomi Internasional dibawah ini!

a. ILO
b. UNDP
c. FAO
d. UNICEF
e. IMF

45. Tuliskan ciri-ciri globalisasi!