Contoh Soal Kurtilas Bahasa Indonesia Kelas 7 Penilaian Tengah Semester (PTS) Genap

contohsoalut.com: Latihan Soal PTS Genap Bahasa Indonesia Kelas 7 Kurtilas


Bacalah teks hasil observasi berikut untuk menjawab soal nomor 1- 5!

Hutan Bakau

(1) Indonesia menjadi negara dengan hutan bakau paling luas di dunia. Menurut data Kementerian Negara Lingkungan Hidup, luas hutan bakau Indonesia mencapai 4,3 juta ha. Hutan bakau disebut juga dengan hutan mangrove. Hutan bakau merupakan bagian dari ekosistem pantai. (2) Hutan bakau adalah hutan yang tumbuh di atas rawa-rawa berair payau dan terletak di garis pantai. Hutan bakau merupakan hutan yang tumbuh di wilayah pasang dan surut. (3) Hutan bakau ini termasuk lingkup ekosistem pantai sebab terletak di kawasan perbatasan laut dan darat. Hutan bakau terletak di wilayah pantai dan muara sungai. Tepatnya, hutan bakau terletak di garis pantai. Dengan posisi hutan bakau yang berada di garis pantai, hutan ini dipengaruhi oleh keadaan air laut. Pasang surut laut mengubah kondisi hutan bakau. Hutan akan tergenang air di masa pasang dan akan bebas dari genangan air pada saat air surut.

(4) Habitat hutan bakau memiliki wilayah tanah yang tergenang secara berkala. Tempat tersebut juga mendapat aliran air tawar yang cukup dari daratan. Hutan bakau memiliki ciri yang khas. Hutan ini terlindung dari gelombang besar. Selain itu, hutan bakau juga terlindung dari arus pasang surut laut yang kuat. Hutan bakau yang terletak di perbatasan laut dan muara sungai memiliki kadar garam payau. Di samping itu, ciri khas lain hutan bakau adalah berawa-rawa. (5) Hutan bakau memiliki beberapa fungsi dan manfaat. Secara fisik hutan bakau dapat menahan abrasi pantai. Pada saat datang badai, hutan bakau berfungsi sebagai penahan badai dan angin yang bermuatan garam. Di samping itu, hutan bakau dapat menahan intrusi (peresapan) air laut ke daratan. Hutan bakau juga menurunkan kandungan karbondioksida (CO2) di udara dan penambat bahan-bahan pencemar (racun) di perairan pantai. Manfaat hutan bakau juga dapat dilihat dari segi biologi. Hutan bakau menjadi tempat hidup biota laut. Selain itu, masyarakat sekitar memanfaatkan hutan bakau sebagai sumber mata pencaharian. (6) Hutan bakau juga menyediakan beberapa unsur penting bahan obat-obatan. Hutan bakau memiliki ciri khas. Hutan bakau memiliki manfaat untuk melindungi lingkungan laut, manfaat ekonomi, dan menyediakan sumber makanan/ obat-obatan.

Sumber: www.pengenalan ekosistem bakaue.com

1. Bagian deskripsi umum pada struktur teks hasil observasi tersebut terdapat pada kalimat nomor….

a. (1), (2)
b. (1), (3)
c. (2), (3)
d. (3), (4)

2. Gagasan utama pada teks hasil observasi di atas adalah….

a. Hutan bakau menyediakan beberapa unsur penting bahan obat-obatan
b. Keadaan hutan bakau di Indonesia
c. Hutan bakau termasuk lingkup ekosistem pantai
d. Habitat hutan bakau memiliki wilayah tanah yang tergenang secara berkala.

3. Deskripsi manfaat pada struktur teks hasil observasi tersebut terdapat pada kalimat nomor ….

a. (1), (2)
b. (1), (3)
c. (2), (3
d. (3), (4)

4. Istilah teknis yang terdapat pada teks hasil observasi tersebut adalah….

a. Mangrove, habitat, pasang surut, muara.
b. Muara, karbodioksida, ekosistem
c. Ekosistem, habitat, karbodioksida
d. Mangrove, muara, ekosistem

5. Dilihat dari unsur bahasa dan isi, kalimat nomor 5 dan 6 merupakan bagian dari….

a. Deskripsi umum
b. Deskripsi bagian
c. Deskripsi manfaat
d. Deskripsi akhir

Bacalah kutipan teks observasi berikut untuk menjawab soal nomor 6-10!

Mengkudu

(1) Mengkudu yang berasal dari daerah Asia Tenggara tergolong dalam famili Rubiaceae. Tanaman ini tumbuh di dataran rendah hingga pada ketinggian 1.500 m.

. (2) Tinggi pohon mengkudu mencapai 3-8 m, memiliki bunga bongkol berwarna putih. Buahnya merupakan buah majemuk, yang masih muda bewarna hijau mengkilap dan memiliki totol-totol, dan ketika sudah tua bewarna putih dengan bintik-bintik hitam. Pohon mengkudu tidak begitu besar, tingginya antara 4-6 meter, batang bengkok-bengkok, berdahan kaku, kasar, dan memiliki akar tunggang yang tertancap dalam. Kulit batang coklat keabu-abuan atau coklat kekuning-kuningan, berbelah dangkal, tidak berbulu, anak cabangnya persegi empat.

(3) Daun mengkudu terletak berhadap-hadapan. Ukuran daun besar-besar, tebal, dan tunggal. Bentuknya jorong-lanset, berukuran 15-50 x 5-17 cm. Tepi daun menyirip. Warna hijau mengkilap, tidak berbulu. Pangkal daun pendek, berukuran 0,5-2,5 cm. Ukuran daun penumpu bervariasi, berbentuk segitiga lebar.

(4) Daun mengkudu dapat dimakan sebagai sayuran. Nilai gizi tinggi karena banyak mengandung vitamin A. secara tradisional, masyarakat Aceh menggunakan buah mengkudu sebagai sayur dan rujak. Daunnya juga digunakan sebagai salah satu bahan nicah peugaga yang sering muncul sebagai menu wajib buka puasa. Oleh karena itu, mengkudu sering ditanap di dekat rumah di pedesaan di Aceh. Selain itu, mengkudu juga sering di gunakan sebagai bahan obat-obatan.

6. Pernyataan berikut yang tepat digunakan sebagai deskripsi bagian dalam teks laporan hasil observasi adalah….

a. Berkat kemajuan, teknologi, buah mengkudu yang bernutrisi tinggi telah diolah dengan berbagai variasi obat dan buah kalengan
b. Asal usul mengkudu tidak terlepas dari keberadaan bangsa Polenisia yang menetap di Kepulauan Samudra Pasifik dan terkenal berani mengembara.
c. Selenium merupakan salah satu mineral yang terdapat pada mengkudu yang dikenal mengandung antioksidan yang hebat
d. Pangkal daun mengkudu berbentuk pasak, berurat daun menyirip, warna hijau mengkilap, dan berbentuk segitiga lebar.

7. Pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan isis paragraf III pada teks hasil observasi tersebut adalah….

a. Daun mengkudu terletak berhadap-hadapan dan berpangkal panjang
b. Daun mengkudu berbentuk jorong-lanset yang berukuran 15-50 x 5-17 cm
c. Daun mengkudu terletak berhadap-hadapan, berukuran besar-besar, tebal, dan tunggal
d. Pangkal daun mengkudu berbentuk pasak dengan urat daun menyirip.

8. Gagasan utama paragraf I pada teks laporan hasil observasi tersebut adalah….

a. Mengkudu berasal dari daerah Asia Tenggara.
b. Mengkudu tergolong dalam famili Rubiaceae.
c. Mengkudu tumbuh di dataran rendah.
d. Mengkudu tumbuh pada ketinggian 1.500 m.

9. Deskripsi bagian pada struktur teks hasil observasi tersebut terdapat pada paragraf nomor….

a. (1), (2)
b. (1), (3)
c. (2), (3
d. (3), (4)

10. Dilihat dari unsur bahasa dan isi, paragraf nomor 4 merupakan bagian dari….

a. Deskripsi umum
b. Deskripsi bagian
c. Deskripsi manfaat
d. Deskipsi akhir

11. Pernyataan berikut yang tepat digunakan dalam deskripsi bagian pada teks laporan hasil observasi adalah….

a. Perkutut jantan memiliki raut muka yang berkesan garang, kulit yang melingkari mata tampak tidak tipis serta bulat hingga sorot matanya jadi tampak tajam
b. Di Jawa dulunya perkutut banyak didapati di daerah bersemak terbuka yang kering atau di tepian rimba yang berdekatan dengan pemungkiman masyarakat
c. Burung perkutut Jawa merupakan jenis burung yang memiliki ukuran kecil, bulunya bewarna abu-abu dan banyak dijadikan burung peliharaan
d. Perkutut ( Geopelia striata) biasanya banyak hidup di hutan dataran rendah sebagai burung yang masuk dalam suku Columbide dan memiliki banyak kerabat dekat.

12. Berikut merupakan langkah-langkah menyususn rangkuman, kecuali…

a. Membaca teks asli.
b. Menentukan deskripsi bagian dan manfaat
c. Mencatat butir-butir gagasan teks
d. Merangkai butir-butir gagasan pokok yang telah dicatat ke dalam pernyataan yang ringkas.

13. Berikut ini yang bukan merupakan stuktur teks laporan hasil observasi adalah….

a. Deskripsi akhir
b. Deskripsi bagian x
c. Deskripsi manfaat
c. Deskripsi manfaat

14. Berikut ini yang merupakan kata penjenis adalah….

a. Kompos aerob
b. Organisme
c. Organik rekayas
d. Pupuk organik 

Bacalah kutipan teks hasil observasi berikut dengan sesakma untuk menjawab nomor 15-18!

Burung manyar

Manyar adalah jenis burung pemakan biji-bijian atau granivora yang menyukai habitat terbuka seperti padang rumput, tepi hutan, rawa, dan persawahan. Musim berkembang biak dimulai bulan April hingga Oktober. Seekor pejantan dapat mengawini lebih dari satu betina. Keberhasilan seekor pejantan dalam mengawini betina sangat bergantung pada “kesempurnaan” sarang yang dibangun. Para burung betina yang tertarik pada jantan tertentu akan menyelidiki sarang sang jantan dengan cermat dan apabila sang betina berkenan, perkawinan dapat terjadi.

Di Indonesia, dikenal berbagai jenis manyar masuk dalam marga Ploceus anggota suku Ploceidae. Ada empat jenis manyar di Asia Tenggara, tiga di antaranya dapat dijumpai di Indonesia, yaitu tempua (Ploceus philippinus), manyar jambul (Ploceus manyar,) manyar emas (Ploceus hypoxanthus).

Sarang manyar berbentuk sangat unik. Sarangnya merupakan salah satu yang paling rumit, dalam bahasa Inggris disebut “weaver birdí” berarti burung penganyam. Beberapa jenis sarang bahkan dilengkapi dengan “pintu tipuan” untuk mengelabui pemangsa. Pintu tersebut tampak jelas menganga, sementara pintu yang sebenarnya tersembunyi. Pemangsa yang mencoba masuk pintu tipuan akan menemui jalan buntu, tidak terhubung ke rongga tempat telur atau anak burung berada.

15. Pernyataan berikut yang tepat digunakan pada deskripsi bagian dalam teks laporan hasil observasi tersebut adalah….

a. Jenis sarang manyar dilengkapi dengan pintu untuk mengelabui pemangsa yang hendak berniat jahat terhadap pasangannya.
b. Manyar adalah jenis burung pemakan biji-bijian yang termasuk dalam marga Ploceus anggota suku Ploceidae yang memiliki sarang unik.
c. Seekor pejantan dapat mengawini lebih dari satu betina dan keberhasilan mengawini betina tergantung sarang yang dibangun
d. Manyar menjadi musuh utama petani pada masa menjelang panen karena telah menghancurkan padi yang siap untuk dipetik.

16. Pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan isi teks laporan hasil observasi tersebut adalah….

a. Jenis manyar di Indonesia termasuk marga ploceus anggota suku ploceidae
b. Dalam situasi tertentu, manyar pejantan mengawasi sarang manyar betina.
c. Sarang burung manyar merupakan salah satu sarang yang paling rumit.
d. Keberhasilan manyar pejantan dalam mengawini betina bergantung pada sarang.

17. Bagian teks yang tidak ada dalam struktur teks laporan hasil observasi tersebut adalah….

a. Klasifikasi umum
b. Deskripsi manfaat
c. Deskripsi bagia
d. Deskripsi umum

18. Gagasan utama paragraf I pada teks laporan hasil observasi tersebut adalah….

a. Manyar termasuk jenis burung pemakan biji-bijian.
b. Manyar merupakan granivora yang menyukai habitat terbuka.
c. Seekor pejantan manyar dapat mengawini lebih dari satu betina
d. Manyar betina akan mengawasi sarang manyar jantan dengan cermat.

Perhatikan data buku berikut!

Judul buku : Sukses UN SMP
Penulis : Syamsudin
Tebal : 66 halaman
Keunggulan : Penulisannya jelas, soal mudah di pahami siswa
Kelemahan : Dilihat dari tingkat kesukaran kurang

19. Kalimat resensi yang tepat berdasarkan data buku tersebut adalah….

a. Buku ini telah menjadi pedoman awal bagi semua orang yang rajin belajar bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan memahami soal.
b. Buku Sukses UN SMP dengan ketebalan 66 halaman yang ditulis oleh Syambudi sangat jelas penulisannya dan soalnya mudah dipahami siswa, namun tingkat kesukarannya kurang
c. Buku setebal 66 halaman ini sangat luar biasa karena mengungkapkan semua kesalahan bahasa dengan detail, tetapi pembahasan soalnya kurang
d. Banyak kebenaran yang mengejutkan tentang bahasa Indonesia orang-orang lebih yakin kalau menggunakan bahasa yang baik dan itu akan diuji dengan soal.

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 20-23!

(1) Novel yang berjudul Sang Pemimpi karya Andrea Hirata ini disajikan dengan bahasa yang cantik, mampu menyihir pembaca sehingga pembaca bisa ikut merasakan kebahagian, semangat, keputusasaan, dan kesedihan. (2) Selain itu, buku ini memiliki lelucon-lelucon yang tidak biasa, cerdas, dan pasti akan membuat pembaca tertawa. (3) Dengan membaca buku ini, Anda akan mengetahui bahwa Andrea Hirata memiliki pribadi yang cerdas dalam menglah kata-kata dan memiliki wawasan yang luas.

(1) Dengan mengesampingkan beberapa kekurangan, novel ini benar-benar buku yang sangat dibutuhkan oleh remaja negeri ini. (2) Buku ini memberi motivasi, semangat, dan mimpi kepada anak-anak yang patah semangat supaya melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi.

20. Hal yang paling menonjol dari komentar tentang keunggulan buku tersebut terletak pada….

a. Fisik buku
b. Isi buku
c. Bahasa
d. Tata letak

21. Kelemahan yang paling menonjol berdasarkan komentar tentang kelemahan buku tersebut terletak pada….

a. Tata letak
b. Isi buku
c. Bahasa
d. Fisik buku

22. Pernyataan yang merupakan keunggulan buku pada teks tersebut terdapat pada kalimat….

a. Kesatu dan kedua paragraf I
b. Kesatu dan ketiga paragraf I
c. Kedua dan ketiga paragraf I
d. Kesatu dan kedua paragraf II

23. Rekomendasi yang disampaikan pada paragraf II ditunjukan untuk….

a. Guru
b. Orang tua
c. Pelajar
d. Masyarakat

24. Bacalah teks berikut!

Buku ini menceritakan berbagai macam hewan dan tumbuhan yang hidup di pantai. […] Pembaca tidak merasa kesulitan memahami isi buku. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan gambar-gambar sehingga pembaca tertarik untuk membaca buku karya Edi Karsono ini.

Kalimat berisi keunggulan yang paling tepat untuk melengkapi bagian rumpang tersebut adalah….

a. Buku ini di tulis oleh penulis terkenal
b. Buku ini sangat diperlukan oleh masyarakat
c. Buku ini sangat tepat dipelajari oleh pelajar.
d. Buku ini di tulis dengan bahasa yang lugas.

25. Bacalah teks berikut!

Puisi-puisi Hafney dalam buku ini tidak hanya berbicara tentang kehidupan yang fana. Ia juga berbicara tentang perubahan yang terjadi dari waktu ke waktu, tentang mimpi-mimpi yang kandas dan yang harus diperjuangkan, tentang regenerasi, dan juga tentang kesepian. […] Sayangnya, pada beberapa puisi Hafney yang hanya memiliki tiga hingga lima baris, kedalaman makna tersebut kurang berhasil dibangun penyair.

Kalimat keunggulan yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah….

a. Puisi-puisi dalam buku ini disajikan dengan gaya bahasa yang indah dan menarik
b. Daya imajinasi penyair yang begitu tinggi membuat puisi-puisi dalam buku ini sangat menantang.
c. Semuanya dihadirkan Hafney dengan penuh penghayatan sehingga, sehingga kedalaman makna puisi-puisinya terasa untuk setiap baris dan baitnya.
d. Penyair begitu pawai dalam mengolah kata menjadi baris-baris yang memukau pembaca.

Bacalah kutipan komentar buku berikut untuk menjawab soal nomor 26-29!

(1) Buku karya Mana Mulyana yang berjudul 8 Mukjizat Rezeki: Rahasia Pedagang Asongan menjadi Miliarder ini mengajarkan pembaca perlunya konsistensi dalam mengembangkan potensi diri. (2) Banyak sosok pengusaha besar dan orang hebat awal perjalanannya tidak mulus dan penuh perjuangan. (3) Manusia dilahirkan sebagai sosok juara. (4) Itualah yang harus diyakini dalam meraih impian. (5) Sesulit apa pun tantangan dan hambatan harus dihadapi dengan penuh percaya diri dan pantang menyerah.

(1) buku setebal 226 ini disajikan secara menarik dan memiliki tahapan – tahapan jelas dalam meraih rezeki. (2) Penjelasannya pun tidak berkutat dalam teori yang melangit, tetapi tawaran – tawaran sangat sederhana dan tidak terduga. (3) Buku ini sangat cocok bagi mereka yang ingin mengembangkan potensi diri, terutama dalam berbisnis. (4) Mereka ingin meraih rezeki yang tidak hanya ajaib, tetapi menjadi mukjizat dalam hidup.

26. Topik yang di bahas di dalam buku dalam kutipan di atas adalah….

a. Perjungan seseorang menuju kesuksesan
b. Aktivitas seorang miliarder
c. Suka duka pedagang asongan
d. Cara mencari rezeki agar menjadi miliarder

27. Pernyataan yang merupakan keunggulan buku pada teks tersebut terdapat pada….

a. Paragraf pertama kalimat kedua dan ketiga
b. Paragraf pertama kalimat keempat dan kelima
c. Paragraf kedua kalimat kesatu dan kedua
d. Paragraf kedua kalimat ketiga dan keempat

28. Dilihat dari isinya, buku tersebut membahas bidang keilmuan….

a. Keagamaan
b. Olahraga dan seni
c. Sains dan ilmu pasti
d. Ilmu sosial dan psikologi

29. Pernyatan yang merupakan rekomendasi untuk buku tersebut terdapat pada kalimat….

a. Paragraf pertama kalimat kedua dan ketiga
b. Paragraf pertama kalimat keempat dan kelima
c. Paragraf kedua kalimat kesatu dan kedua
d. Paragraf kedua kalimat ketiga dan keempat

Bacalah kutipan tanggapan buku fiksi berikut untul menjawab soal 30 – 31!

(1) Cerita ini baik dan mudah ditangkap. (2) Pengarang menyajikan masalah yang aktual dan sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. (3) Semuanya dapat diterima akal sehat serta tidak membosankan. (4) Pengarang menguraikan panjang lebar karakter tokoh-tokohnya sehingga cerita tidak kabur. (5) Sayangnya, pengarang sering mengulang-ngulang kata kurang sopan.

30. Kalimat tanggapan yang mengungkapkan keunggulan dan kekurangan terdapat pada nomor….

a. (1), (2)
b. (2), (3)
c. (3), (4)
d. (4), (5)

31. Kalimat tanggapan yang mengungkapkan keunggulan buku adalah….

a. Cerita dapat diterima akal sehat dan tidak membosankan.
b. Karakter tidak tergambar dengan cepat dan membaca berulang-ulang.
c. Pengarang menghidupkan cerita dengan cerita vulgar.
d. Cerita diungkapkan seperti lazimnya cerita yang lain.

32. Bacalah kutipan tanggapan isi buku fiksi berikut!

Betapa apiknya Mangunwijaya menelusuri latar keturunan tokoh Atik. Ayahnya, Pak Ansana, adalah pecinta alam. Maka dari itu, tidak mengherankan apabila anaknya, Atik, kemudian menjadi ahli biologi. Atik senang buku, ia satu dengan buku. Ia membuat kariernya dengan buku. Keistimewaan lainnya dari Mangunwijaya adalah ia mampu menampilkan penutur-penutur sesuai dengan tingkat sosial dan lingkungannya.

Masalah yang disoroti dalam tanggapan isi novel di atas adalah….

a. Kelebihan pengarang (Mangunwijaya) dalam menggambarkan latar.
b. Cara Mangunwijaya bercerita dalam novel.
c. Latar belakang kehidupan tokoh Atik.
d. Pemaparan keturunan tokoh Atik.

Bacalah kutipan teks tanggapan berikut untuk mengerjakan nomor 33-35!

Bagi anda yang sering jajan sembarangan atau bagi siapa pun yang biasa membeli makanan ataupun minuman daripada membuatnya sendiri, mungkin sudah saatnya untuk membaca buku ini. Buku ini menyajikan topik-topik yang saat ini sering diperdebatkan konsumen, yaitu hubungan bahan tambahan pangan dengan kesehatan. Bahan-bahan tambahan tersebut, seperti, bahan pewarna, bahan pemanis, bahan pengawet, penyedap rasa, antioksidan, dan beberapa bahan tambahan lainnya.

Tujuan penggunaan bahan tambahan pangan dapat meningkatkan atau mempertahankan nilai gizi dan kualitas daya simpan dan mempermudah penyiapannya. Buku ini akan membahas satu per satu bahan-bahan tersebut dan dampak negatifnya terhadap kesehatan. Dengan demikian, pembaca akan mengetahui tentang bahan tambahan pangan dan dampak negatifnya terhadap kesehatan.

33. Berdasarkan kutipan tanggapan buku tersebut, sasaran pembaca buku ini adalah….

a. Penjual makanan
b. Pemilik toko makanan
c. Pembeli makanan dan minuman
d. Pabrik makanan dan minuman

34. Buku tersebut berisi tentang….

a. Cara-cara memilih makanan yang sehat dan bebas dari bahan-bahan tambahan yang berbahaya.
b. Bahan-bahan makanan yang terbebas dari bahan-bahan pengawet, pewarna, dan bahan tambahan lainnya.
c. Daftar bahan makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi oleh masyarakat.
d. Bahan-bahan tambahan yang terdapat dalam makanan dan hubungannya dengan kesehatan

35. Manfaat membaca buku ini adalah….

a. Menambah pengetahuan tentang bahaya bahan tambahan yang melebihi takaran.
b. Membeli makanan dan minuman yang kandungan bahan pengawetnya tinggi
c. Akan lebih memilih membeli makanan dan minuman siap saji daripada membuatnya sendiri
d. Membuat makanan dan minuman dengan memberikan berbagai bahan tambahan.

A. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan tepat!

36. Cermatilah data buku berikut!

Judul : Bunga Cantik di Balik Salju
Penulis : T. Andar
Penerbit : DIVA Press
Kota Terbit : Yogyakarta
Tahun Terbit : 2011
Cetakan : Ke-11
Deskripsi Fisik : 458; 19,5 cm.

Kelebihan :

a. Novel ini mengajarkan kita akan apa arti tegar, kuat, mandiri dan cantik sebenarnya.
b. Sebuah bacaan menarik yang sangat inspiratif.
c. Kata-katanya mudah dipahami.

Kelemahan :

a. Halaman novel cukup tebal.
b. Ada beberapa sesi cerita yang cukup panjang dan sedikit membosankan karena intinya sama saja

Tulislah dua paragraf komentar berdasarkan data buku tersebut!

Perhatikan teks berikut ini untuk mengerjakan nomor 37-38!


Kucing

Kucing merupakan binatang peliharaan yang paling populer. Kucing merupakan hewan dari kelas mamalia. Berdasarkan makannya kucing termasuk binatang karnivora karena pemakan daging. Ciri karnivora terlihat dari struktur gigi kucing yang tajam dan bertaring. Kucing Felis catus merupakan kucing piaraan atau rumahan yang sering kita lihat berkeliaran. Kucing disebut juga kucing domestik atau kucing rumah (nama ilmiah felis silvestris catus atau feliscatus). Kata “kucing” biasanya merujuk kepada “kucing” yang telah dijinakkan.

Kucing dikelompokkan menjadi beberapa jenis. Berdasarkan asalnya dikenal adanya kucing kampung (Indonesia), kucing anggora, kucing persia, dan kucing hutan. Kucing berdasarkan garis keturunan ada dua kelompok, yaitu kucing galur murni dan keturunan campuran. Tercatat secara resmi sebagai kucing trah atau galur murni (pure breed), seperti persia, siam, manx, dan sphinx. Kucing seperti ini biasanya dibiakkan di tempat pemeliharaan hewan resmi. Jumlah kucing ras hanyalah 1% dari seluruh kucing di dunia, sisanya adalah kucing dengan keturunan campuran seperti kucing liar atau kucing kampung.

Kucing memiliki mata yang cukup unik. Kucing memiliki mata/ penglihatan yang tajam yang berfungsi untuk mencari mangsa pada malam hari. Kucing dapat melihat dalam cahaya yang amat terang. Kucing memiliki selaput pelangi atau iris membentuk celah pada mata yang akan menyempit jika terkena cahaya yang amat terang. Seperti kebanyakan predator, kedua mata kucing menghadap ke depan, menghasilkan persepsi jarak dan mengurangi besarnya bidang pandang. Mata kucing memiliki persepsi yang lemah.

Ciri fisik kucing yang lain adalah memiliki kumis (misai). Kucing memiliki misai yang berfungsi untuk menentukan arah saat berjalan di ruang yang gelap maupun di tengah kegelapan malam. Misai dapat mendeteksi perubahan angin yang amat kecil.Kumis ini juga dapat digunakan oleh kucing untuk menentukan apakah badannya dapat melewati ruangan yang sempit (seperti pipa), karena jarak antara kedua ujung kumis kucing hampir sama dengan lebar tubuhnya. Selain kumis, ciri khusus lain terdapat pada kaki dan telinga kucing. Kucing memiliki bantalan halus di telapak kakinya. Bantalan ini berfungsi untuk memperkecil suara langkah kakinya dalam berjalan sehingga musuh/mangsanya tidak mendengar atau mengetahui kedatangan kucing. Sebagai anggota mamalia, kucing memiliki tiga tulang kuping yang berukuran kecil dan dikenal dengan nama ossicles. Dengan tulang ini kucing dapat mendeteksi suara-suara yang sangat halus. Alat keseimbangan pada telinga berfungsi untuk mengatur keseimbangan pendengarannya sehingga jika kucing jatuh tetap dalam keadaan berdiri.

Seperti halnya hewan yang telah mengalami penjinakan, kucing hidup dalam hubungan mutualistik dengan manusia. Karena keuntungan yang diperoleh dari adanya kucing, manusia membiarkan kucing liar berkeliaran di pemukiman. Kucing banyak dimanfaatkan manusia untuk menangkap tikus-tikus.

37. Rumuskanlah simpulan teks hasil observasi tersebut dengan pernyataan yang ringkas!

38. Tentukan ciri kebahasaan yang terdapat dalam teks hasil observasi tersebut dengan menunjukan bukti tekstualnya!

Bacalah kutipan tanggapan isi buku berikut, kemudian kerjakan soal nomor 39-40!

Tentu akan asyik sekali jika kita dapat kembali ke masa lalu. Melihat bagaimana orang-orang zaman dahulu hidup serta perubahan yang terjadi pada hidup mereka. Sayang, belum ada mesin waktu yang dapat mewujudkan angan-angan kita. Akan tetapi, sudah terbit buku yang dapat mengajak kita berpetualang menjelajah waktu ke masa lalu. Buku ini berjudul Manusia Purba. Manusia purba adalah salah satu judul dari seri Penjelajahan Waktu yang diterbitkan oleh PT Bhuana Ilmu Populer. Buku ini menceritakan kehidupan manusia purba di sebuah gua di Eropa. Ceritanya dimulai dari zaman 950.000 tahun lalu hingga zaman sekarang.

Buku ini bagus. Bahasanya mudah dimengerti karena ditulis dengan gaya bercerita yang sederhana. Apalagi, setiap halamannya dihiasi dengan ilustrasi. Sisi unik buku ini adalah dapat mengajak khayalan kita seakan terbang dan melihat bagaimana manusia gua di Eropa itu berkembang. Pada mulanya, mereka hidup telanjang. Kemudian, mereka mulai mengenal senjata dari batu. Lalu, mereka mulai bertemu manusia modern. Manusia gua punah dan digantikan manusia modern. Manusia modern kemudian meninggalkan kehidupan gua dan mulai membuat desa. Ribuan tahun kemudian, sekelompok siswa menemukan gua itu. Akhirnya, para arkeolog meneliti gua itu dan menjadikannya museum. Cerita itu dibuat berurutan sehingga membuat kita seakan-akan telah menjelajahi waktu.

39. Jelaskan secara singkat isi buku tersebut!

40. Jelaskan tanggapan tentang kelebihan/kekurangan isi buku di atas!